Ciri-ciri Flora Asiatis dan Australis Beserta Contohnya

Ciri-ciri Flora Asiatis dan Australis Beserta Contohnya. Mungkin kebanyakan dari kita sudah mendengarnya akan tetapi belum tau akan maksut atau pengertian dari flora asiatis dan australis beserta ciri dan contohnya.

Pakis Haji

Ciri Ciri Flora Asiatis
Flora asiatis merupakan sebuah hutan tropis yang didalamnya hidup pohon meranti, kamper, keruing, serta mahoniantara lokasi asiatis dengan lokasi peralihan dibatasi oleh garis wallace.

Contoh Dari Flora Asiatis :

1. Raflesia arnoldi : tanaman ini adalah tumbuhan parasit obligat yang sangatlah terkenal dikarenakan mempunyai bunga yang berukuran amat sangat besar, apalagi adalah bunga terbesar didunia.

Bunga Rafflesia Arnoldi

Bunga ini cuma berusia lebih kurang 1 minggu ( 5-7 hari ) serta sesudah itu layu serta mati. Bunga raflesia adalah parasit yang tidak berakar, tidak berdaun, serta tidak memiliki tangkai. Diameter bunga saat tengah mekar dapat meraih 1 mtr. Dengan berat lebih kurang 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik serta organik dari tanaman inang tetrasigma.

2. Anggrek : anggrek adalah sejenis tumbuhan berbunga yang kerap ditanam sebagai tanaman hiasan. Tumbuhan berbunga mulai nampak pada zaman kapur.

3. Bunga bangkai : bunga bangkai ( cadaver scent ), terlebih pada malam hari, yang kadang-kadang aromanya bisa tercium sejauh 25 mtr. Dari area tumbuhnya, menarik serta merangsang lalat dan serangga yang lain untuk lakukan penyerbukan. Tingginya bisa meraih 6m. Bunganya amat besar serta tinggi, berupa seperti lingga ( sesungguhnya yaitu tongkol atau spadix ) yang dikelilingi oleh seludang bunga yang juga berukuran besar.

4. Daun sang : tumbuhan ini cuma didapati di tempat besitang tepatnya di lokasi 242 aras napal, serta sebagian tempat di sekitar lokasi tersebut. Persebaran tidak luas serta berbentuk endemik tidak ditemukan di tempat lain.

5. Kantung semar : kantung semar yaitu tumbuhan tropika yang menampilkan wujud yang amat unik. Keunikannya ada pada kantungnya yang bergantung pada seutas sulur yang menyerupai spiral, yang keluar dari ujung daun. Keunikan yang lain ada pada kantungnya yang berupa corong diisi cairan yang didalamnya bisa ditemukan beragam type serangga serta hewan lain.

Ciri Ciri Flora Australis

flora australis merupakan flora yang terdapat di dangkalan sahul serta meliputi lokasi papua serta maluku flora australis juga adalah rimba tropis dengan tumbuhan yang tidak sama seperti nipah, sagu, serta merbau lokasi australis serta lokasi peralihan dibatasi oleh garis weber.

Contoh Dari Flora Australis :

1. Matoa : tinggi pohon 50m, akar papan tingginya meraih 5m, daun majemuk berseling, bersirip genap, tangkai daun panjang ± ; 1m, anak daun 4-13 gunakan memiliki bentuk bundar memanjang dgn pinggir yang mana bergerigi. Mahkota bunga agak berbulu pada bagian luarnya, kelopak bunga agak menyatu.

2. Cendana : kayu ini dipakai sebagai bahan rempah-rempah, bahan baku untuk dupa, sebagai aromaterapi, serta minyak wangi. Tanaman ini umumnya ditemukan di nusa tenggara timur.

3. Eboni : tumbuhan ini umumnya tumbuhan ini datang dari tempat tropis, serta cuma sebagian spesies yang tumbuh di tempat beriklim tengah. Tumbuhan ini bisa ditemukan di pulau sulawesi, tepatnya di sulawesi sedang.

4. Siwalan : yaitu sejenis palma yang tumbuh di asia selatan serta asia tenggara. Pohon ini pada umumnya tumbuh di daerah-daerah kering. Daunnya bisa dipakai untuk bahan dasar kerajinan dan juga bisa dijadikan bahan penulisan naskah lontar. Beberapa bahan kerajinan yang dibikin dari daun lontar diantaranya yaitu kipas, tikar, serta sasando.

5. Pakis : seluruh pakis berumah dua ( dioecious ) hingga ada tumbuhan jantan serta betina. Serbuk sari dihasilkan oleh sang tumbuhan jantan dari runjung besar yang tumbuh dari ujung batang. Alat bunga betina serupa daun dengan biji-biji tumbuh dari samping. Alat betinanya tumbuh dari sela-sela ketiak daun.
Incoming search terms:
flora asiatis,flora australis,contoh flora asiatis,ciri ciri flora asiatis,flora tipe asiatis,ciri ciri fauna asiatis,ciri fauna asiatis,contoh flora australis,ciri-ciri fauna asiatis,jenis flora asiatis

Postingan Populer