Mahar Pernikahan Dalam Alqur'an Dan Alhadist, Cara Menghitung Mahar Pernikahan (mas kawin)

Mahar Pernikahan Dalam Alqur'an Dan Alhadist, Cara Menghitung Mahar Pernikahan (mas kawin)  -  Mahar adalah suatu hal yang didapatkan suami pada istri berbentuk harta atau bentuk yang lain juga sebagai salah satu prasyarat dalam pernikahan. Mahar atau dimaksud juga dengan mas kawin diterangkan didalam Alquran. 
Mahar Pernikahan Dalam Alqur'an Dan Alhadist, Cara Menghitung Mahar Pernikahan (mas kawin)

“Dan berikanlah mahar (mas kawin) pada wanita yang anda nikahi juga sebagai pemberian yang penuh kerelaan. ” (QS. An-Nisaa’ : 4)  Baca Juga : Persiapan Hantaran Tunang

Pengertian Mahar dalam Islam

Mahar (mas kawin) adalah hak seseorang wanita yang perlu dipenuhi oleh lelaki yang bakal menikahinya. Mahar jadi hak punya seseorang isteri serta tak bisa siapa saja mengambilnya, tak tahu ayahnya atau pihak yang lain, terkecuali apabila istri ridha memberi mahar itu pada siapa yang memintanya.

Didalam meminta mahar pada calon suami, seseorang calon isteri tak bisa menuntut suatu hal yang besar nilainya atau yang memberatkan beban calon suaminya. Disarankan pada calon isteri untuk meminta mahar yang memudahkan beban calon suaminya. Dalam ajaran Islam, wanita agar meminta mahar yang dapat mempermudah dalam sistem akad nikah.

Mahar atau Mas Kawin menurut Alquran serta Alhadits

Walau demikian apabila calon suami memanglah 'terbilang mapan' dari segi ekonomi, tentu tak mempersoalkan tuntutan mahar dari calon istrinya. Apabila seseorang calon istri menjumpai calon suami seperti itu (mapan), bakal terasa leluasa meminta mahar berbentuk harta dengan nilai nominal spesifik baik berbentuk duit tunai, emas, tanah, rumah, kendaraan atau benda bernilai yang lain.

Biasanya serta jamak berlangsung dalam tiap-tiap prosesi akad nikah, bentuk mahar berbentuk mushaf alquran dan seperangkat alat shalat.

Beberapa Hadist Tentang Mahar :

  • Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Di pada kebaikan wanita yaitu gampang meminangnya, gampang maharnya serta gampang rahimnya. ” 
  • Urwah berkata, “Yaitu gampang rahimnya untuk melahirkan. ” (HR. Ahmad) ‘Uqbah bin ‘
  • Amir radhiyallaahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‘Sebaik-baik pernikahan adalah yang paling gampang. ’” (HR. Abu Daud) 
  • Kalau seorang tak mempunyai suatu hal untuk membayar mahar, jadi ia bisa membayar mahar dengan mengajarkan ayat Al-Qur’an yang dihafalnya. (HR. Bukhari & Muslim) 

Cara Menghitung Uang Mahar untuk Mahar Nikah Uang : 

Langkah Mengkalkulasi Duit Mahar untuk Mahar Nikah anda yaitu sangatlah gampang. Anda dapat sesuaikan duit mahar dengan tanggal akad nikah. Hal semacam ini yaitu umum lantaran manfaat Mahar Nikah Duit didalam pigura sesungguhnya juga sebagai lambang tanggal pernikahan anda, bukanlah sebegai Mahar Nikah keseluruhannya. Bila duit mahar anda nominalnya banyak jadi yang masuk ke pigura dianjurkan tak kian lebih Rp. 300. 000

Bila anda merencanakan menikah pada 15 oktober 2015, Anaria Wedding bakal merekomendasikan untuk memakai nominal Rp. 151. 015. Bila pernikahan di tanggal 24 september, dapat memakai 240. 915 atau 249. 015. Duit Mahar didalam pigura dapat juga adalah tanggal gabungan dari tanggal-tanggal bersejarah anda

Anaria Wedding juga sediakan duit kuno atau duit lama yang telah tak beredar atau tak berlaku untuk jual beli barang. untuk th. 2015 duit kuno yang digunakan yaitu Rp. 15 (15 Rupiah). Rp. 15 terbagi dalam pecahan duit Rp. 10 serta Rp. 5. Harga 1 duit kuno di Anaria Wedding yaitu Rp. 35. 000. Hingga bila anda menikah di 2015 harga duit kunonya yaitu Rp. 35. 000 x 2 keping (Rp. 10 serta Rp. 5)

Cara menghitung harga mahar tersebut dengan duit mahar serta ongkos kirim :

Anaria Wedding mengumpamakan jenis Mahar Nikah Wayang dibawah ini. Harga atau cost mahar wayang tersebut disini Rp. 1. 000. 000. Anda merencanakan menikah di tanggal 22 Nopember 2015. Duit mahar yang dimasukan ke pigura yaitu Rp. 221. 115. Mahar nikah ini bakal di kirim ke kota Palembang. Jadi langkah menghitungnya yaitu sebagai berikut :
Baca Juga : Pengertian Nikah, Hukum, Dan Syaratnya
Rp. 1. 000. 000 harga mahar + Rp. 221. 115 duit mahar + Rp. 70. 000 duit koin kuno + 30. 000 peti kayu + 93. 000 cost kirim TOTAL Rp. 1. 414. 100 .

Postingan Populer