20 Daftar Isi Seserahan Pernikahan (Hantaran Pernikahan ) Adat Jawa

20 Daftar Isi Seserahan Pernikahan (Hantaran Pernikahan ) Adat Jawa - Apakah itu Seserahan Pernikahan/Hantaran Pernikahan/Angsul-angsulan? Nah, jika anda wanita, harus hukumnya untuk tahu apa ini. Soalnya jika tidak tahu ruginya parah! hahaha
Baca Juga : Pengertian Nikah, Hukum, Dan Syaratnya
Seserahan pernikahan yaitu beberapa barang, yang biasanya didapatkan dari pihak pria pada wanita, yang disebut barang dari ujung kaki hingga rambut si wanita itu.

20 Daftar Isi Seserahan Pernikahan (Hantaran Pernikahan ) Adat Jawa
20 Daftar Isi Seserahan Pernikahan (Hantaran Pernikahan ) Adat Jawa
Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan? Ya banyak. Umpamanya tas, baju, perlengkapan mandi, atau apa pun. Intinya sebenernya juga sebagai lambang, bahwa si pria memberi barang itu ke wanita untuk bekal nanti mengawali hidup sesudah pernikahan. Secara singkat, wanita kaya kita (saya, red.), bisa manja minta ini-itu sama si pria!

Tentang apa saja barangnya, terserah biaya yang anda punyai. Hanya lantaran saya menikah kebiasaan jawa, umumnya jumlah hantaran/angsul-angsulan/seserahan itu mesti ganjil, seperti 5 kotak, 7 kotak, maupun lebih. Kelak balasan ke pria nya kurang dari jumlah kotak seserahan yang wanita bisa. Umpamanya 3, 5, dsb.

Sedikit sharing, semula biaya seserahan saya telah sangatlah perfect serta dapat minta macem2. But, unexpected things happened lately in this couple months. And it cuts my seserahan budgets : ” (

Ini yang terkadang kita tak pernah sangka. Peristiwa besar dalam waktu relatif cepat dapat merubah semua hal yang telah kita rencanakan jauh-jauh hari. Well jika telah begini, saya mesti kreatif. Toh intinya untuk ‘macak-macak’an saja, agar keliatan jika si pria ngasih bekal untuk wanita.

Contoh Daftar Isi Barang Seserahan Pernikahan yang Murah :

1. Kotak Seserahan isi Peralatan Mandi

  • handuk 
  • shower puff 
  • bali ratih 
  • bath and bodyworks body mist/vs 
  • shampoo mane and tail 
  • ponds pembersih muka 
  • sabun mandi body shop 

2. baju dalam

  • lingerie/baju tidur 
  • underwear set masing2 3pc 
  • kaos kaki 

3. Make up

  • Bedak NYX/Maybelline 
  • eyeshadow 1 set 
  • make-up remover 
  • eyeliner nyx 
  • secret key white pearl 
  • lipstik 
  • BB krim/foundie borjouis 

4. Bermacam Perlengkapan Pesta

  • sepatu pesta 
  • tas pesta 
  • kain brokat 1m aja 

5. Kain, Songket, serta sejenisnya

6. Seprei & bedcover

7. Perlengkapan Kantor

  • Baju kerja 
  • sepatu flat 
  • notes unik 

8. Piring-piring cantik 4 pc atau dapat pula tea set pecah belah

9. Wajik Dodol (ini tuturnya harus jika orang jawa, agar senantiasa nempel si calon suami sama kita wkwk)

10. Tas Kerja

11. Sembako, Mie, Makanan, molto, Setrika.

Di bawah ini ada juga daftar isi seserahan yang di budidayakan di jawa, Mungkin anda adalah orang jawa, sebaiknya lihat yang di bawah ini.

Nah, di bawah ini yaitu 9 Tipe Barang seserahan pernikahan kebiasaan jawa yang perlu disiapkan pengantin pria untuk diberikan pada sang pengantin wanita. Yaitu :

Seperangkat Alat sholat

Seperangkat alat sholat yaitu seserahan harus untuk calon pengantin muslim. Hal semacam ini juga sebagai lambang bahwa pernikahan yang dapat dilangsungkan pada suami istri mesti selalu berdasar teguh pada nilai agama. Tiang agamnya tersebut yaitu sholat.

Cincin nikah

Cincin nikah umumnya dapat diberikan satu set. Satu untuk pengantin pria, satunya untuk pengantin wanita. Tetapi baiknya untuk pengantin muslim, cincin sang pria tak berbentuk emas. Cincin dapat ditukar dari yang memiliki bahan monel atau kuningan, sedang calon pengantin muslimah terus diijinkan memakai cincin yang terbuat dari emas. Tentang berapakah karat yang dapat dikenakan sang mempelai wanita, seluruhnya bergantung perjanjian. Diupayakan janganlah memberatkan. Cincin tersebut yaitu juga sebagai lambang pengikat jalinan ke-2 pasangan supaya dapat selalu berbarengan hingga akhir hayat.

Perhiasan

Terkecuali cincin yang didapatkan dari calon pasangan pria pada calon pasangan wanita, jika sang pria mempunyai kemamampuan lebih umumnya mempelai pria dapat memberi perhiasan berbentuk liontin, gelang serta kalung emas. Tidak tidak sering mereka memberi perhiasan yang bertahtakan berlian hingga terlihat lebih bercahaya jika dikenakan oleh pengantin putri nantinya saat sudah dipersuntingnya.

Seperangkat busana wanita

Untuk kebiasaan jawa memberi baju seperti selendang atau kain batik yaitu hal utama lantaran disitu memiliki kandungan maksud bahwa tiap-tiap pihak, baik pengantin pria ataupun pengantin wanita mesti pandai menaruh rahasia rumah tangga mereka dari siapa saja.

Buah-buahan

Umumnya buah yang didapatkan dalam seserahan yaitu pisang, anggur, jeruk, apel. Harapannya dapat memberi kesegaran dalam membina kemesraan serta cinta sepasang calon pengantin.
Makanan tradisional
Nah, untuk makanan tradisional dalam kebiasaan jawa mereka memberi beras ketan yang berwujud wajik, jenang, kue lapis, serta jadah. Hasratnya yaitu supaya cinta mereka berdua bisa lengket senantiasa seperti jenis makanan itu.

Suruh ayu

Arti pemberian suruh ayu yaitu untuk mendoakan keselamatan serta kebahagiaan ke-2 pengantin dalam mengarungi mahligai perkawinan.

Peralatan Rias atau makeup

Peralatan rias atau make up ditujukan yaitu untuk melindungi tampilan calon istri supaya senantiasa tampak cantik serta sempurna dalam kehidupan berumah tangga.

Sepatu, sandal, selop

Sepatu sandal atau bahkan juga selop sering kita temui dalam seserahan pengantin jawa. Hal semacam ini mempunyai arti supaya ke-2 mempelai siap melakukan kehidupannya berbarengan serta menapaki mahligai rumah tangga dengan mantap serta ada senantiasa dijalan yang lurus.
nah itulah ada beberapa seserahan pernikahan yang dapat saya jelaskan kepada anda, mungkin anda yang masih bingung mencarinya, dapat anda ambil satu ide di atas, Semoga dapat bermanfaat, Sekiann Dan terimakasih !

Postingan Populer